“Kerajinan Batik Khas Baduy”, Primadona Nasional dan Internasional

pimred

IMG 20211003 WA0060

Barometerkriminal.com, Lebak – Terlepas dari polemik ataupun permasalahan dan juga adanya segala bentuk persoalan yang kerap terjadi di negeri tercinta Indonesia, dibalik semua itu negeri kita memiliki berbagai macam kekayaan khususnya kerajinan. Seperti halnya suatu potensi maupun karya yang berada di Kabupaten Lebak – Banten, itu bisa membuat kita sepatutnya berbangga hati karena bisa menjadi bagian suatu karya kerajinan yang berasal dari kekayaan alam Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, beberapa Tim Puskominfo Indonesia melakukan pemantauan langsung, dan menghimpun data serta sumber terpercaya khususnya menjumpai salah satu warga masyarakat yang serinh disebut (Ambu), dia tinggal di Kampung Kadu Ketug, Desa Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, provinsi Banten pada Minggu (3/10/2021).

Ambu sendiri adalah Ibu rumah tangga yang memiliki satu Suami dan dua orang Putra. Beliau salah satu keluarga yang saat ini tinggal di sebuah Desa Pedalaman, dimana Ambu memiliki sebuah karya kerajinan tangan yang asli Khas Baduy Indonesia.

Siapa sangka kalau ternyata kerajinan tangan Khas Baduy itu sendiri sudah banyak digemari wisatawan lokal, dan bahkan bisa menembus pasar internasional/mancanegara.

IMG 20211003 WA0063

Ketika dikonfirmasi oleh Tim Puskominfo Indoneaia melalui layanan WhatsAap, Ambu mengatakan bahwa “memang kami masih tinggal dan hidup dipinggiran kota, tepatnya di daerah Kampung Kadu Ketug, Desa Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Lebak Banten. Tapi kami sekeluarga bisa memiliki suatu karya kerajinan tangan, yang pada umumnya sudah bisa Kami jual,” ungkap Ambu.

Beberapa hasil karya kerajinan Ambu yang siap di Produksi diantaranya, berupa Kain Tenun Batik, Koja, Selayer, dan banyak kerajinan lainnya, tambah Ambu. Dari hasil-hasil karya tersebut sudah cukup banyak diminati, karena Kami sekeluarga sudah bisa membuat kerajinan Khas Baduy dan mempertahankan ciri khasnya. Dimulai dari unsur keindahan, kualitas, dan kuantitas sehingga dari daya tarik dan corak/ragam tersebut bisa bersaing di pasar bebas dari hasil kerajinan tangan Khas Baduy tersebut, sambungnya.

IMG 20211003 WA0061

Contoh halnya dengan sebuah karya pembuatan Batik, yang merupakan salah satu ikon dari kerajinan khas asli Baduy. “Batik ini bukti sejarah asli budaya dan merupakan kearifan lokal yang asli dimiliki Baduy, dan segmentasi pasar yang kami dekati yaitu dengan cara beronline pada medsos (Facebook, Instagram, Telegram, dan WhatsAap), serta kami juga menjual beberapa produk tersebut kepada tamu pengunjung yang sedang berwisata ke Ciboleger Baduy,” pungkas Ambu.

(Barometerkriminal – PuskominfoIndonesia)

Next Post

Jajaka Nusantara DPC Pondok Melati Disambangi Ranting FORKABI Kampung Gedong Jakarta Timur

Barometerkriminal.com, Jakarta – Keluarga Besar Jajaka Nusantara (JAWARA) Betawi mendapatkan kunjungan Silaturahmi Ranting FORKABI Kampung Gedong Cijantung Jakarta Timur untuk meningkatkan sinergitas, rasa kebersamaan, dan persaudaraan antar sesama Ormas pada Minggu (3/10/2021). Ikhwal tersebut yang disampaikan oleh Ketua Jajaka Nusantara DPC Pondok Melati Subur Hermawan dalam menyambut Ketua Ranting Forkabi […]

Subscribe US Now