Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Meninjau Langsung Lokasi Bencana Alam Tanah Bergerak Di Desa Pasanggrahan

centerweb

WhatsApp Image 2021 02 10 at 12.50.44

Infokriminal.com, Purwakarta – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meninjau langsung lokasi bencana alam di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta yang terkena dampak bencana pergeseran/pergerakan tanah, pada Hari Selasa (9/2/2021).

Akibat peristiwa pergeseran/pergerakan tanah tersebut Sejumlah 11 (sebelas) rumah hancur, 48 (empat puluh delapan) mengalami rumah rusak berat, dan 12 (duabelas) rumah rusak ringan. Bupati Anne Ratna Mustika pun berkoordinasi dengan Kepala Desa, dan juga Camat setempat.

Anne Ratna Mustika mengatakan, “Pergerakan tanah ini memang telah terjadi sejak tahun 2019 lantaran adanya alih fungsi lahan yang awalnya adalah hutan dengan tanaman pohon keras menjadi perkebunan yang mengakibatkan hilangnya serapan air untuk tanaman pohon keras tersebut dan begitu pula kontur tanah menjadi rapuh”, ungkapnya.

Lanjut Anne Ratna Mustika, ”dan juga eksploitasi bebatuan yang menyebabkan hilangnya penahan tanah. Kami akan melakukan penanaman pohon keras yang bekerjasama dengan pihak Perhutani, untuk penanaman di beberapa titik guna memulihkan lingkungan sekitar. serta Kami berharap semoga tidak terjadi bencana semacam ini lagi“, ujar Anne Ratna Mustika.

Dari catatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah, ada tujuh titik bencana alam di musim penghujan pada beberapa waktu belakangan ini.

Bupati Anne Ratna Mustika pun datang ke Desa Pasanggrahan sambil membawa bantuan seperti, bahan pokok bagi warga terdampak bencana alam tersebut. Selain itu juga merelokasi 11 (sebelas) rumah yang hancur dilahan milik Perhutani sebagai langkah jangka panjangnya.

“Kami akan membangun rumah warga yang hancur lewat alokasi APBD Distarkim, dan juga Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Perhutani soal lahan yang akan digunakannya”, pungkas Anne Ratna Mustika.

Next Post

Kapolda Jabar Dampingi Menteri PUPR Tinjau Waduk Cipancuh Kabupaten Indramayu

Barometerkriminal.com, Indramayu – Hujan deras beberapa hari terakhir mengguyur daerah Kabupaten Indramayu menimbulkan banjir. Terdata dari tanggal 8 sampai dengan 9 Pebruari 2021, ada 12 (dua belas) Kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Indramayu, diantaranya Kecamatan Indramayu, Sindang, Lelea, Sukagumiwang, Tukdana, Bangodua, Kertasmaya, Losarang, Kandanghaur, Haurgeulis, dan Terisi. Guna penanggulangan […]
WhatsApp Image 2021 02 10 at 12.51.37

Subscribe US Now