Kesultanan Kesepuhan Cirebon; Mengangkat Pangeran Kuda Putih Dari Nusaherang Menjadi Sultan Kasepuhan Baru

pimred

IMG 20211220 150440

Barometerkriminal.com, Cirebon – Sultan Kasepuhan baru di Kesultanan Kesepuhan Cirebon yang akan dinobatkan dalam waktu dekat itu, ternyata warga Desa/Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Adalah Pangeran Heru Rusyamsi Arianatareja, Sultan yang kini dikenal dengan julukan Pangeran Kuda Putih dari Kuningan. Dengan dinobatkannya Pangeran Heru nanti, artinya di Kesultanan Kesepuhan Cirebon akan jadi 4 Sultan.

Hal itu, disampaikan ke publik oleh Sekertaris Buhun Pemangku Adat Tertinggi Santana Kesultanan Cirebon Raden Hamzaiya.

“Kedua orang tuanya merupakan Trah Putra Waya Asli yang terlahir di salah satu desa kecil di dekat kaki Gunung Ciremai, tepatnya di bawah Bukit Mayana,” jelas Buhun Pemangku Adat Tertinggi Santana Kesultanan Cirebon Raden Hamzaiya beberapa waktu lalu, sembari menyebut Desa/Kecamatan Nusaherang.

Dikatakan dari Sang aAyah, Pangeran Heri trahnya ke Pangeran Cakrabuana dari Pangeran Singa Leksana (Nusaherang), dari situlah Gelar Pangeran didapatkan.

Sedangkan dari turunan ibu, trahnya bersambung ke Sultan Sepuh III Tajul Arifin Muh Zaenudin (kesepuhan awal), dari putra pertamanya Pangeran Aria Nataredja Muh Satariah. Dari turunan ini, Pangeran Heru dapat gelar Raden.

Bukan tanpa hambatan, selama 7 tahun belakangan Pangeran Heri atas restu orang tua dan keluarga, terus menelusuri jejak para leuhurnya. Dalam perjalanan itu, dikumpulkan beberapa peninggalan penting yang berhasil disatukan seperti naskah tua serta pusaka peninggalan leluhur.

Selain itu, Pangeran Heri juga dianggap berhasil menyambungkan kembali Silaturahmi Putra Waya yang berada di Cirebon maupun luar kota bahkan Luar Negeri.

Seperti Kuningan, Tasik, Ciamis, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam hingga Sri Langka.

Wadah itulah yang kemudian terbentuk sebagai Wadah Dzuriah Santana Kesultanan Cirebon.

(Kumaedi/Olivia)

Next Post

GEMPUR: Gerakan Masyarakat Peduli RSUD Berkah Pandeglang Lakukan Donasi untuk Kemanusiaan

Barometerkriminal.com, Pandeglang – Himpun Donasi dengan melakukan penggalangan dana untuk Aksi Kemanusiaan, dilakukan sekumpulan Warga Masyarakat Kabupaten Pandeglang dengan membentuk Start-up dalam menghimpun donasi berupa aksi kemanusiaan, yang diantaranya dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Peduli RSUD Berkah Pandeglang (GEMPUR). Menurut keterangan yang terhimpun oleh Awak Media di lapangan, Open donasi ini […]

Subscribe US Now