Polres Muaro Jambi, TNI, dan Pemkab Muaro Jambi Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana

pimred

IMG 20211203 WA0060 1024x683 1

Barometerkriminal.com, Muaro Jambi – Polres Muaro Jambi bersama Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, TNI , dan instansi terkait menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana di halaman BPBD Kabupaten Muaro Jambi pada Hari Jum’at (03/12/21) yang lalu.

Kegiatan apel tersebut dipimpin Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, S.I.K., M.H. yang diwakili langsung oleh Wakapolres Kompol Novrizal, S.Sos., M.H. dan diikuti para Perwira Jajaran Polres Muaro Jambi, TNI, BPBD, dan benerapa Instansi yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

Wakapolres Kompol Novrizal dalam apel menyampaikan bahwa, ”salah satu langkah awal di dalam menyikapi perubahan iklim, atau dengan kata lain, sebagai Antisipasi Potensi Bencana Hidrometeorologi yang terjadi akibat berubahan iklim dan cuaca khususnya di Kabupaten Muaro Jambi,” ujar Kompol Novrizal.

Kasi Humas Polres Muaro Jambi AKP Amradi, S.E. menghimbau, “kepada seluruh warga masyarakat diharapkan agar tidak panik, karena beberapa Instansi siap siaga dan ikut andil dalam penanggulangan bencana di dalam menyikapi kondisi Kabupaten Muaro Jambi yang masuk dalam Wilayah Rawan Bencana Hidrometeorologi. Mulai dari banjir, angin kencang, kebakaran, dan lainnya yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” himbau AKP Amradi, S.E.

Menurutnya, apel kesiapsiagaan ini diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan bersama dalam hal ini untuk penanggulangan bencana tidak dapat hanya diatasi oleh satu pihak, namun dibutuhkan sinergitas lintas sektoral, termasuk didalamnya ada unsur TNI dan Polri.

“Apel kesiapsiagaan ini jangan sampai hanya menjadi kegiatan seremonial, namun setiap intansi harus benar-benar mempersiapkan diri di dalam menghadapi bencana,” papar Kasi Humas Polres Muaro Jambi.

IMG 20211203 WA0061 1024x683 1

Selain itu Kasi humas menambahkan selain menghadapi bencana alam yang merupakan dampak perubahan iklim dan cuaca, saat ini Kabupaten Muaro Jambi juga masih menghadapi bencana seperti Banjir, angin Puting Beliung dan non-alam berupa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Karenanya dibutuhkan kewaspadaan ekstra dan tidak mengabaikan suatu permasalahan apalagi sampai meninggalkan permasalahan tersebut.

“Saat ini pandemi masih berlangsung, meskipun Muaro Jambi sudah berada di level 1, akan tetapi kewaspadaan masih perlu ditingkatkan,” sambungnya.

Apalagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru yang berpotensi memunculkan gelombang ketiga penularan seiring peningkatan mobilitas masyarakat yang harus kita batasi nanti kita akan Gelar Operasi Nataru, dan kita akan siapkan lokasi-lokasi cek point diantara di Wilayah Mestong yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Dan selanjutnya Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengecekan pasukan, dan peralatan maupun armada untuk mengantisipasi Bencana Hidrometeorologi.

“baik Pasukan ataupun beberapa peralatan serta armada sudah dipersiapkan di dalam menghadapi bencana tersebut,” pungkas Kasi Humas Polres Muaro Jambi AKP Amradi, S.E.

(Kumaedi/Humas Polres Muaro Jambi)

Next Post

Polres Majalengka; Pimpin Apel Pagi Kabag Ops Sampaikan Penekanan Kepada Anggota Terkait Bijak menggunakan Medsos

Barometerkriminal.com, Majalengka – Kabag Ops Polres Majalengka Kompol Firman Taufik mewakili Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi dalam pelaksaan apel pagi menyampaikan berbagai arahan dan penekanan untuk dipahami dan ditindaklanjuti seluruh personil Polres Majalengka dan jajaran. Senin (6/12/2021). Bertempat di halaman apel Mapolres Majalengka, Arahan dan penekanan yang disampaikan adalah terkait […]

Subscribe US Now